Benda yang Sering Memicu Alergi Pada Anak

Benda yang Sering Memicu Alergi Pada Anak

Benda yang Sering Memicu Alergi Pada Anak - Alergi adalah serangkaian gejala yang timbul sebagai respon dari sistem imun tubuh terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya. Zat ini dikenal sebagai alergen. Reaksi alergi biasanya terjadi setelah kontak langsung dengan kulit, terhirup, atau dimakan. Pemicu alergi anak bermacam-macam. Gejala yang ditimbulkan juga tergantung pada pemicunya. Lalu apa saja pemicu alergi pada anak?

1. Makanan

Makanan adalah pemicu alergi anak yang paling sering. Alergi makanan muncul ketika tubuh bereaksi terhadap protein yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Reaksi ini biasanya terjadi sesaat setelah makanan dikonsumsi.

Kebanyakan kasus alergi makanan pada anak disebabkan oleh telur, susu sapi, kacang tanah, kedelai, gandum, kacang dari pohon (seperti kenari, pistachio, pecan, kacang mete), ikan (seperti tuna, salmon), dan makanan laut (seperti udang, lobster, cumi). Alergi makanan pada daging, buah-buahan, sayuran, padi-padian, dan biji-bijian seperti wijen, juga mungkin terjadi. Reaksi alergi makanan dapat bervariasi, mulai dari reaksi ringan sampai reaksi berat.

Reaksi alergi makanan dapat bervariasi, mulai dari reaksi ringan sampai reaksi berat. Sebelum Anda menduga bahwa anak Anda mengalami alergi makanan, ketahui terlebih dahulu gejala-gelaja umum alergi makanan. Gejalanya bisa meliputi ruam atau bintik-bintik merah di kulit yang terlihat seperti gigitan nyamuk, bersin, suara mengi, tenggorokan terasa terikat, mual dan muntah, diare, hingga syok anafilaktik untuk kasus reaksi alergi parah. Kondisi ini membutuhkan penanganan medis segera.

Namun alergi makanan anak usia dini bisa hilang. Sekitar 80%-90% alergi telur, susu, gandum, dan kedelai tidak akan muncul lagi ketika anak berusia 5 tahun. Tapi sedikit yang bisa benar-benar sembuh dari alergi kacang-kacangan atau makanan laut. Dokter anak maupun ahli alergi dapat melakukan beberapa tes untuk mendiagnosis alergi makanan pada anak dan memantau perkembangannya, apakah alergi sudah hilang atau belum.

2. Serbuk sari, debu dan jamur

Lingkungan merupakan salah satu pemicu alergi anak. Jika anak Anda bereaksi berlebihan terhadap lingkungan, berarti anak Anda memilki alergi rhinitis. Alergi rhinitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Terdapat beragam alergen yang bisa memicu reaksi sistem kekebalan tubuh jika terhirup melalui hidung. Beberapa jenis alergen yang umum adalah serbuk sari, tungau, debu, spora jamur, serta bulu hewan. Asap rokok dan parfum juga termasuk pemicu alergi ini.

Gejala biasanya langsung terlihat atau timbul setelah anak Anda terpapar pemicu alergi. Beberapa gejalanya meliputi:

  • Mata gatal dan berair, kemarahan atau bengkak
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Mata gatal atau berair
  • Kelelahan
  • Batuk-batuk

3. Obat

Alergi obat adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu obat yang digunakan. Reaksi ini muncul karena sistem kekebalan tubuh menganggap zat tertentu dalam obat tersebut sebagai substansi yang bisa membahayakan tubuh. Kondisi ini berbeda dengan efek samping obat yang biasanya tercantum pada kemasan, maupun keracunan obat akibat overdosis.

Gejala alergi obat umumnya muncul secara bertahap seiring sistem kekebalan tubuh yang membangun antibodi untuk melawan obat tersebut. Gejala ini mungkin tidak muncul secara langsung saat anak Anda pertama kali menggunakan obat.

Pada tahap penggunaan pertama, sistem kekebalan tubuh akan menilai obat sebagai substansi berbahaya bagi tubuh kemudian mengembangkan antibodi secara perlahan-lahan. Pada penggunaan berikutnya, antibodi ini akan mendeteksi dan menyerang substansi dari obat tersebut. Proses inilah yang bisa memicu gejala-gejala alergi obat.

Sebagian besar alergi obat memiliki gejala yang ringan, dan biasanya akan reda dalam beberapa hari setelah penggunaan obat dihentikan. Berikut ini adalah beberapa gejala umum alergi obat yaitu:

  • Ruam atau bentol-bentol pada kulit
  • Gatal-gatal
  • Sesak napas atau napas pendek
  • Pembengkakan

Subscribe Our Newsletter

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Benda yang Sering Memicu Alergi Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel